Thursday, November 26, 2015

7 Kebiasaan Di Pagi Hari Ini Dapat Mengacaukan Hari Anda



Pagi hari merupakan momen awal yang bisa menentukan seberapa berkualitas hari yang akan Anda jalani. Kebiasaan Anda mungkin tidak akan membahayakan Anda. Namun, kebiasaan-kebiasaan buruk yang Anda lakukan di pagi hari bisa saja menghabiskan banyak energi, memenuhi pikiran Anda, dan memberikan efek yang tidak menyenangkan sepanjang hari. 7 Kebiasaan buruk apa sajakah yang harus Anda hindari agar tidak mengacaukan hari Anda?

1. Memencet tombol Snooze Pada Alarm
dr. Robert Rosenberg, direktur medis Pusat Kesehatan Tidur Arizona, mengatakan bahwa menunda alarm pagi merupakan salah satu tanda bahwa tidur Anda kurang berkualitas. Ketika Anda menunda alarm dan menunda bangun tidur, Anda akan mengacaukan siklus tidur Anda. Bahkan, menunda bangun bukan berarti akan mengurangi rasa kantuk saat menjalani hari Anda. Dengan memencet tombol snooze dan menunda bangun, Anda justru akan lebih mengantuk dibanding Anda langsung terbangun ketika mendengar alarm. Kebiasaan ini juga akan membuat Anda memiliki kebiasaan susah bangun meskipun mendengar suara alarm.

2. Memeriksa Gadget Segera Saat Anda Bangun Pagi
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia menemukan bahwa orang-orang yang sering membuka notifikasi gadget akan lebih cenderung mudah stress dibanding orang yang mengecek notifikasi email 3 kali sehari.

Ketika Anda mengecek notifikasi segera saat bangun pagi, Anda akan menstimulasi pikiran Anda untuk lebih sensitif terhadap email, chat, dan media sosial yang akan mempengaruhi responmu terhadap kegiatanmu sepanjang hari. Sebagai contoh, lini masa di facebook memungkinkanmu untuk membandingkan diri dengan orang lain sehingga ini akan menimbulkan rasa cemburu. Jika Anda memulai hari Anda dengan pikiran yang sensitif, otak akan memproduksi lebih banyak hormon stress. Badan Anda pun akan merespon dengan tidak baik seperti tekanan darah yang cenderung meningkat. Tentu Anda tidak ingin hal buruk ini terjadi bahkan sebelum Anda memulai hari ini kan?

Untuk mengatasi hal ini, letakkan gadget Anda di ruang yang terpisah dari tempat tidur Anda. Ambil gadget Anda setelah Anda menyelesaikan rutinitas yang lain seperti mandi, dandan, dan sarapan.

3. Menundah Olahraga di Pagi Hari
Olahraga di waktu kapan pun sebenarnya lebih baik dibandingkan tidak berolahraga sama sekali. Namun, Lara Carlson, kandidat profesor dari American College of Sports Medicine, mengatakan bahwa jika Anda melakukan olahraga ringan di pagi hari, Anda akan lebih mempersiapkan tubuh Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Beberapa penelitian yang membandingkan orang yang olahraga di pagi hari dan di sore hari menunjukkan bahwa orang yang menyempatkan diri olahraga di pagi hari akan memiliki tekanan darah yang lebih baik sepanjang hari dan dapat tidur dengan lebih berkualitas.

Anda dapat bangun lebih pagi untuk menyempatkan diri olahraga di pagi hari atau olahraga sembari berangkat ke kantor seperti berjalan kaki.

4. Mandi dengan air hangat
Kucuran air hangat di pagi hari yang dingin mungkin akan membuat Anda merasakan sebuah anugerah yang sangat membahagiakan. Jangan salah, mandi dengan air hangat di pagi hari justru akan mendatangkan banyak masalah sepanjang hari, terutama untuk kulit Anda.

Mandi dengan air hangat di pagi hari akan mengganggu jaringan kulit Anda, demikian dikatakan dr. Stacy Salob, dermatologis dari University Medical College and NY Presbyterian Hospital. Hal tersebut bisa membuat kulit Anda kering dan lebih mudah teriritasi dan gatal.

5. Sarapan dengan makanan yang tinggi karbohidrat sederhana
Mungkin kita sudah kebiasaan sarapan dengan roti atau indomi. Namun, hal itu justru tidak baik untuk ketersediaan energi Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Karbohidrat sederana seperti roti dan mie memang dengan cepat memberi Anda energi. Namun, energi dari karbohidrat sederhana juga cepat habis sehingga Anda akan cepat lapar, bahkan mengantuk saat cadangan energi Anda mulai menepis. Bahkan, lonjakan kadar gula darah yang terjadi segera setelah Anda makan makanan yang tinggi karbohidrat juga malah membuat Anda mengantuk.

Oleh karena itu, agar tidak mengantuk pilihlah sarapan dengan makanan yang dicerna dengan lambat dan memberikan energi secara perlahan yaitu makanan-makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

6. Melewatkan Sarapan
Banyak juga orang yang memilih untuk tidak sarapan karena tidak sempat. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa melewatkan sarapan merupakan hal yang buruk bagi kesehatan kita. Setelah 8 jam kita tidur, energi kita tentu terus menerus berkurang. Jika kita melewatkan sarapan saat kita bangun pagi, tentu hal itu akan membuat kita mengawali hari dengan energi yang sudah menipis. Hal itu akan meningkatkan nafsu makan kita saat makan siang sehingga kita justru akan makan dengan lebih banyak kalori di siang hari. Kualitas sarapan akan mempengaruhi kualitas kita dalam mengawali kegiatan setiap hari.

7. Melewatkan Peregangan
Jika Anda sering merasakan kaku-kaku di pagi hari, Anda tidak sendirian. Selama semalam, otot dan sendi Anda berhenti bergerak. Oleh karena itu, lakukan peregangan saat Anda bangun tidur. Peregangan di pagi hari akan melancarakan aliran darah dan oksigen ke otot.

No comments:

Post a Comment