Friday, July 26, 2013

Metode Radiologi Baru untuk Mendeteksi Asma

Ahli radiologi mengembangkan metode baru untuk melihat paru-paru penderita asma. Metode ini menggunakan gas helium-3 terpolarisasi - sehingga terlihat selama MRI. Pasien menghirup helium-3 dan mengalami MRI, di mana dokter dapat melihat sejauh mana atom dalam gas dapat melakukan perjalanan di paru-paru. Hal ini memberikan gambar dari apa saluran udara diblokir dan apa bagian paru-paru ventilasi. Daerah hitam gambar menunjukkan bagian-bagian dari paru-paru di mana udara tidak mencapai - daerah di mana atom helium-3 tidak bisa melakukan perjalanan.
Lihat juga:
Kesehatan & Pengobatan

    Asma
    Alergi
    Alat Kesehatan

Materi & Energi

    Teknologi Medis
    Biokimia
    Sifat Air

Referensi

    Hypoallergenic
    Desah
    Tungau debu rumah
    Alergi serbuk bunga

Asma membuat sulit bernapas lebih dari 22 juta orang Amerika. Tidak ada obat, tetapi penelitian baru melihat pasien asma dengan cara baru.

Sebuah latihan kecil adalah semua yang diperlukan untuk mengingatkan Quinn Taylor dari asma ia telah tinggal bersama sejak kecil. "Aku bisa merasakan sedikit sesak di dada saya hanya dari menendang sekitar bola sepak bola," kata Taylor.

Hari ini, Taylor relawan untuk menguji teknik pencitraan baru yang membantu ahli radiologi melihat ke dalam paru-parunya tidak seperti sebelumnya.

"Kami mendapatkan merasa lebih baik untuk apa yang terjadi di dalam paru-paru, sesuatu yang tidak benar-benar mungkin dengan teknik lain pada saat ini," kata Eduard de Lange, MD, seorang radiolog di University of Virginia di Charlottesville, Va

Metode baru menggabungkan scan MRI dengan gas berbahaya yang disebut helium-3. Ini bukan helium ditemukan dalam balon, tapi gas khusus yang terlihat di dalam paru-paru ketika dihirup selama MRI scan.

"Kita bisa melihat apa bagian paru-paru yang diblokir, [yang] saluran udara diblokir dan bagian mana dari paru-paru ventilasi," kata Dr de Lange.

Gambar menunjukkan di paru-paru yang sehat seberapa helium-3 atom bergerak dan benar-benar mengisi paru-paru. Pada pasien asma, daerah paru-paru yang diblokir sehingga atom tidak dapat mengisi paru-paru sama sekali.

Dokter berharap teknik ini akan membantu mengembangkan cara-cara baru untuk mencegah, mengobati dan menyembuhkan asma. Berkat relawan seperti Taylor, orang lain akan segera bernapas lebih mudah.

ASMA ATAU ALERGI? Asma adalah penyakit kronis yang mempengaruhi saluran udara yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Dinding dalam saluran udara menjadi meradang dan udara sehingga lebih sempit sehingga kurang dapat mengalir melalui jaringan paru-paru. Hal ini pada gilirannya menyebabkan mengi, batuk, sesak di dada, dan kesulitan bernapas. Asma ini terkait dengan alergi, meskipun tidak semua orang dengan asma memiliki alergi. Orang dengan alergi cenderung bereaksi lebih kuat dengan kehadiran alergen seperti bulu binatang, tungau debu, serbuk sari atau jamur, serta asap rokok dan polusi udara.

CARA MRI KARYA: Magnetic resonance imaging menggunakan gelombang frekuensi radio dan medan magnet yang kuat bukan sinar-X untuk memberikan gambar yang jelas dan rinci dari organ dan jaringan. Gelombang radio diarahkan pada proton dalam atom hidrogen - salah satu atom yang paling berlimpah dalam tubuh manusia, karena kandungan air yang tinggi tubuh. Gelombang "menggairahkan" proton, dan ketika mereka "santai," mereka memancarkan sinyal radio yang kuat. Sebuah komputer dapat mengubah sinyal tersebut menjadi gambar kontras tinggi menunjukkan perbedaan kadar air dan distribusi di berbagai jaringan tubuh.

No comments:

Post a Comment